Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Monday, 8 August 2011

Wak Sahak Punya Perusahaan Minyak Sendiri

Alkisah Wak Sahak sedang mengantri Premium disalah satu tempat penjualan BBM, sepeda motor yang baru diambil kredit dua minggu lalu dah kehabisan minyak, maklum sejak memiliki sepeda motor baru ini Wak Sahak terus mengendarainya kadang-kadang tanpa tujuan, sudah berumur 44 tahun baru sekarang  punya sepeda motor sendiri walaupun kredit. Sepeda unta yang dulu dipakainya sudah dicampakkan bergitu saja dibelakang rumah, tak lama lagi akan di kumpul oleh pemulung besi tua nampaknya tu.

Thursday, 4 August 2011

Masalah Banjir dan Kelangkaan Premium di Selat Panjang Kabupaten Kepulauan Meranti

Kota Selat Panjang Kabupaten Kepulauan Meranti tadi siang (04/08/2011) diguyur hujan lebat, istilah bahasa Melayu nya "Lambah" air sudah tidak bisa ditampung lagi merembes kemana-mana, sementara bumi kota Selat Panjang yang sudah tertutupi oleh beton tidak mampu menyerap air, ditambah dengan saluran drainase yang sempit dan dipenuhi sampah maka lengkaplah penderitaan itu menjadi banjir, sebagian besar kawasan kota Selatpanjang tergenang air. Kalaulah masih banyak pohon kayu tentu serapan air tak akan masalah, tapi pokok kayu itu betul yang susah kelihatan, yang adalah hutan ruko dan bentangan beton yng menutupi sebagian besar kota.
Yang di atas itu permasalahan bab satu nya, bab dua adalah masalah minyak (BBM) yang langka, kita tidak tahu pasti apakah kelangkaan ini karena suplai BBM dari Pertamina yang kurang atau ada oknum yang berspekulasi, ada kabar di Facebook seorang pengecer tertangkap basah menimbun minyak disaat orang kesulitan mencari Premium, alih-alih menurun harga eceran yang selalu tinggi kini malah minyaknya yang susah didapat.
Dari dua bab masalah diatas, masih terngiang dengan beberapa saran yang pernah di muat di blog ini :
  1. Mari kembali beralih menggunakan Sepeda, ingat dikota besar dinegara maju sudah jadi trend. Jadi selain menggunakan angkutan umum orang sudah banyak menggunakan sepeda. Apalagi kota Selatpanjang permukaan tanah yang relatif datar ditambah dengan jarak tempuh antara satu titik dengan titik lainnya relatif dekat, sangat memungkinkan sekali. Jika merasa jatuh martabatnya jika menggunakan sepeda yang sering dipakai pedagang sayur, beli saja Sepeda gunung atau yang model terbaru dan harganya mahal, badan jadi sehat dan kita tidak perlu risau dengan Premium yang langka dan mahal itu. 
  2. Tanam pohon, itu harus dimulai dari sekarang. Pohon sebagai penghijauan kota berfungsi ganda, menyerap CO2 dari asap kendaraan bermotor, penyedia oksigen dan membantu penyerapan air hujan masuk kedalam tanah. Mata melihatnyapun jadi sejuk, apalagi jika yang ditanam pohon buah-buahan saat musim buah bisa dinikmati atau bahkan dijual.
  3. Bagaimana pula kondisi jalan dan halaman rumah yang sudah terlanjur ditutupi dengan semenisasi atau beton, tindakan membongkarkan kembali rasanya terlalu mubazir, maka ada satu cara yaitu dengan membuat sebanyak mungkin BIOPORI, yaitu membuat lubang dengan diameter dan kedalaman tertentu. Menurut hasil penelitian Biopori juga efektif untuk membantu penyerapan air, jika dibuat daam jumlah banyak maka air yang melimpah bisa terserap

Tuesday, 2 August 2011

Kepulauan Meranti Dalam Angka 2010

Kabupaten Kepulauan Meranti Dalam Angka 2010 merupakan salah satu publikasi tahunan yang disusun oleh Badan Pusat Statistik Kabupaten Bengkalis. Publikasi ini menyajikan data primer dan sekunder dari berbagai instansi pemerintah maupun swasta dan umumnya menggambarkan keadaan statistik Kabupaten Kepulauan Meranti sampai akhir tahun 2009.
Luas wilayah Kabupaten Kepulauan Meranti 3.707,84 km2, terdiri dari pulau-pulau dan lautan. Tercatat sebanyak 12 pulau utama disamping pulau-pulau kecil lainnya yang berada di wilayah Kabupaten Kepulauan Meranti.
Jumlah kecamatan di wilayah Kabupaten Kepulauan Meranti sebanyak 5 kecamatan yang terdiri dari 73 desa/kelurahan. Kecamatan yang memiliki jumlah desa/kelurahan terbanyak adalah Kecamatan Merbau dengan 21 desa/kelurahan dan kecamatan dengan jumlah desa/kelurahan terkecil adalah Kecamatan Tebing Tinggi Barat dengan 8 desa/kelurahan.
Penduduk Kabupaten Kepulauan Meranti pada tahun 2009 tercatat sebanyak 175.316 jiwa yang terdiri 89.882 jiwa laki-laki dan 85.434 jiwa perempuan. Kecamatan yang paling banyak penduduknya adalah Kecamatan Tebing Tinggi yaitu 65.613 jiwa dan kecamatan yang paling sedikit penduduknya adalah Kecamatan Tebing Tinggi Barat yaitu 15.098 jiwa.
Nilai ekspor di Kabupaten Kepulauan Meranti hingga Desember 2009 mencapai 10.759.426 US$. Nilai ekspor tersebut hanya dari Pelabuhan Selatpanjang. Nilai impor di Kabupaten Kepulauan Meranti selama 2009 mencapai 155.313 US$ melalui pelabuhan Selatpanjang.
Pertumbuhan ekonomi tahun 2009 ternyata lebih rendah dibandingkan dengan tahun 2008, yaitu sebesar 6,59 persen pada tahun 2009 dan 7,34 persen pada tahun 2008.
PDRB per kapita dan pendapatan regional per kapita tahun 2009 mengalami peningkatan. Atas dasar harga berlaku
PDRB per kapita tahun 2008 sebesar Rp 20,67 juta menjadi Rp 24,43 juta pada tahun 2009. Atas dasar harga konstan 2000, PDRB per kapita tahun 2009 mengalami peningkatan dari sebesar Rp 6,13 juta pada tahun 2008 menjadi Rp 6,46 juta pada tahun 2009.

Monday, 1 August 2011

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa



Selamat Menunaikan Ibadah Puasa, Semoga kita semua dapat menjalaninya dengan khusuk dan sempurna buat saudara-saudara ku yang ada di Selat Panjang atau daerah lainnya di Kabupaten Kepulauan Meranti. Semoga kita dapat menjaga bulan yang penuh berkah ini dengan amal ibadah yang banyak, menjauhi dari hal-hal yang dapat mengurangi pahala atau bahkan menggugurkan puasa itu sendiri. Jika pada saat sebelum bulan suci Ramadhan kita banyak berbuat, berbicara, atau berpikiran yang melanggar batas norma Agama, kini saatnya kita merefleksi diri, memohon Ampun kepada Allah SWT, kepada Kedua Orang Tua (bagi yang masih ada), sanak keluarga, tetangga dan teman bergaul. Semoga nanti diakhir Ramadhan kita bisa kembali ke Fitrah nya ... Amin

 

Download Templates